Minggu, 30 November 2014

FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

FACEBOOK SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh :
Ni Kadek Aris Mahyoni (12. 8. 03. 51. 30. 15. 1688)

ABSTRAK
Artikel ini mengemukakan tentang facebook sebagai media pembelajaran. Facebook sebagai salah satu jejaring sosial terbesar dan memiliki pengguna yang banyak sangat sering dimanfaatkan, salah satunya sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran dengan facebook cukup membuat peserta didik yang pasif di kelas menjadi lebih aktif. Dengan pemanfaatan yang optimal, efektif, dan bijak, facebook akan mampu menjadi media pembelajaran yang kompetitif dan menarik.

A.    PENDAHULUAN
Pada era informasi seperti sekarang ini, kita mengetahui bahwa teknologi berkembang sangat pesat. Pesatnya perkembangan teknologi tidak bisa dipungkiri telah memanjakan manusia contohnya dalam hal berkomunikasi. Interaksi yang terjadi dengan adanya bantuan teknologi menjadi semakin mudah dan sangat membantu. Teknologi yang dimaksud adalah situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial hadir menjadi sesuatu yang digemari oleh banyak kalangan. Seiring perkembangan zaman pemanfaatan jejaring sosial tidak lagi hanya sekedar menjadi media berkomunikasi semata, tetapi juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis, industri dan bahkan dalam dunia pendidikan. Banyak sekali situs-situs jejaring sosial yang mempengaruhi masyarakat. Salah satunya adalah situs  Facebook . Facebook merupakan salah satu contoh situs jejaring sosial yang paling digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat begitu juga dengan pelajar. Facebook sebenarnya dapat menjadi sebuah alternatif yang dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Hal ini terkait dengan upaya meningkatkan semangat belajar pada siswa menuju hasil belajar yang maksimal. Sistem konvensional yang selama ini diterapkan sudah mulai membuat siswa bosan. Sayangnya, banyak pendidik yang belum peka terhadap manfaat Facebook sebagai media pembelajaran. Padahal, Facebook yang sangat diminati para siswa ini selain lebih menarik, tentu saja lebih mudah digunakan karena tidak hanya bisa diakses di kelas saat pelajaran berlangsung, tetapi bisa dari mana saja bahkan melalui ponsel pribadi. Salah satu fasilitas yang dapat digunakan adalah fitur group dalam Facebook. Pengelolaan fitur tersebut dengan baik dapat menjadi sebuah hal menarik dan lebih berguna bagi para siswa dalam penggunaan situs jejaring sosial. Siswa dapat berdiskusi mengenai tugas, materi pelajaran dan sharing dengan teman bahkan guru mata pelajaran tertentu. Pemanfaatan situs jejaring sosial yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa ini diharapkan dapat menghasilkan pengaruh yang signifikan. Hal ini bertujuan agar siswa tidak hanya membuang waktu dengan berdiskusi tentang hal lain di luar dunia pendidikan, tapi bisa lebih memanfaatkan situs jejaring sosial tersebut untuk berdiskusi tentang apapun dalam mata pelajaran tertentu. Selain itu, guru juga lebih mudah memantau perkembangan anak didiknya melalu situs jejaring sosial tersebut.
Dalam artikel ini penulis membahas tentang pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran. Artikel ini bermaksud untuk melakukan kombinasi antara proses belajar mengajar dengan pemanfaatan Facebook sebagai media pembelajaran.

B.    MENGENAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
2.      Pengertian Facebook
Facebook merupakan situs web jejaring sosial popular yang memungkinkan para penggunanya dapat menambah foto, kontak, atau informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama sesama mahasiswa ilmu komputer sekaligus teman sekamarnya Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz serta Chris Hughes. Facebook diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.
3.      Facebook Sebagai Media Pembelajaran
Facebook telah dikenal dan digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Penggunanya tersebar di seluruh dunia dari berbagai kalangan usia yang fungsi utamanya untuk membangun sebuah komunitas atau kelompok. Banyak manfaat dari facebook tersebut, salah satunya adalah manfaat di bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan facebook dapat digunakakan sebagai media pembelajaran. Salah satunya yaitu ketika pendidik tidak dapat menyampaikan materi secara langsung, maka materi tersebut dapat disampaikan melalui facebook dengan memanfaatkan fasilitas grup yang juga dapat digunakan untuk sarana diskusi antara pendidik dengan peserta didik dan antara peserta didik dengan peserta didik lain.

C.     PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Cara Membuat Grup di Facebook
Dalam hal ini, penulis menggunakan facebook sebagai pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas facebook itu sendirin, yaitu berupa fasilitas grup di facebook.  Adapun cara membuat grup di facebook, yaitu :
a.    Pastikan anda sudah memiliki akun di facebook.
b.   Jika belum memiliki akun di facebook, mendaftarlah dengan mengisi data di situs facebook.
c.    Klik icon "Buat Grup"
d.    Setelah itu akan muncul jendela baru, tulislah nama grup yang diinginkan, nama-nama orang yang ingin ada undang ke dalam grup tersebut (minimal 1 orang harus anda undang terlebih dahulu) dan pilih privasi yang ingin digunakan.
e.   Lalu pilih “Buat” dan grup itu sudah bisa anda pergunakan.
1.      Cara Memanfaatkan Grup di Facebook
Adapun cara untuk memanfaatkan grup di facebook yang telah anda buat, yaitu :
·      Buatlah tampilan grup menjadi menarik dan kenali fungsi icon-icon pada grup facebook sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik. 
·      Menggunakan fasilitas upload file di grup
Dengan menggunakan fasilitas ini kita dapat mengupload file – file yang dianggap penting seperti materi pembelajaran, tugas, dll. Sehingga siswa lebih mudah mencari sumber materi dan mengetahui tugas atau soal-soal latihan. 
·      Postinglah video pembelajaran atau simulasi ataupun games mengenai pelajaran sehingga siswa lebih tertarik untuk membuka grup dan belajar.
·  Doronglah murid-murid untuk bertanya mengenai PR sekolah. Bantu mereka dengan mengadakan diskusi di dinding grup atau chat grup. Identitas dan rasa memiliki sangat penting dalam proses belajar.
·      Memanfaatkan fasilitas chat dan video call
Dengan menngunakan fasilitas tersebut kita dapat berinteraksi (mengirim pesan, file atau video call) secara langsung dengan teman ataupun guru.
·   Pastikan group yang Anda buat tertutup, sehingga orang harus me-request dulu sebelum bergabung di group tersebut. Dengan langkah ini, Anda bisa memilih dengan bijak siapa-siapa saja yang boleh bergabung.
·      Postingan yang Anda buat sebaiknya bernilai positif.
·   Bergabunglah dengan grup-grup lain yang terkait dengan sekolah. Hal ini bisa membuat Anda mengetahui apa yang diposting oleh para guru dan murid.
·    Gunakan layanan status untuk menginformasikan para murid tentang kebijakan di sekolah atau jadwal ulangan atau nilai ulangan.
1.      Kelebihan dan Kelemahan
·         Kelebihan facebook  sebagai media pembelajaran, yaitu :
a.       Potensial karena facebook merupakan situs ke-2 setelah Google, yang tersering dan terbanyak digunakan di dunia.
b.      Ekonomis karena pendaftaran membuat akun gratis dan mudah.
c.       Interaktif karena situs facebook  memungkinkan kita untuk melakukan diskusi dan tanya jawab.
d.      Mengatasi jarak dan waktu
e.       Situs facebook memungkinkan kita untuk berbgi file, foto dan video
f.       Reviewable karena dapat diakses berulang-ulang
·         Kelemahan facebook  sebagai media pembelajaran, yaitu :
a.       Ketersediaan sarana dan prasarana
Harus di dukung oleh perangkat sarana dan prasarana penunjang kelancaran proses belajar mengajar melalui faceebook, seperti ketersediaan alat teknologi bagi guru dan siswa. Walaupun tidak setiap siswa memiliki alat teknologi yang dimaksud, dapat saja anak tersebut melihat dan berbagi informasi dengan temannya yang memiliki akun tersebut
b.      Kadang tugas terbengkalai
Terkadang tugas terbengkali karena lebih sibuk berselancar atau chatting dengan teman di facebook. Walaupun demikian dengan memberikan
batasan waktu pengumpulan tugas sehingga meminimlisir kesibukan siswa untuk chatting dengan teman di facebook.

A.    SIMPULAN
Dari penjelasan di atas apat disimpulkan bahwa facebook cukup efektif dan efisien untuk digunakan sebagai media pembelajaran ketika dosen tidak bisa hadir mengisi pertemuan. Langkah ini diambil karena facebook sangat mudah digunakan bahkan hampir setiap orang sudah mendaftarkan diri sebagai anggota facebook sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cukup lancar sehingga facebook  merupakan media  yang sangat potensial digunakan sebagai media pembelajaran Dengan pemanfaatan yang optimal, efektif, dan bijak, facebook akan mampu menjadi media pembelajaran yang kompetitif dan menarik.

B.     SARAN
Dengan dapat dimanfaatkannya facebook sebagai salah satu media pembelajaran maka khususnya memanfaatkan fasilitas grup di fcebook. Dalam pemanfaatannya harus kita gunakan dengan seoptimal mungkin. Perlu diingat bahwa dalam setiap pemanfaatan teknologi apapun,  kita harus memanfaatkannya secara efektif dan bijak serta tidak merugikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

C.    DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar