FACEBOOK SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh :
Ni Kadek Aris Mahyoni (12. 8. 03. 51. 30. 15. 1688)
ABSTRAK
Artikel ini mengemukakan
tentang facebook sebagai media pembelajaran. Facebook sebagai salah satu jejaring sosial
terbesar dan memiliki pengguna yang banyak sangat sering dimanfaatkan, salah
satunya sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran dengan
facebook cukup membuat peserta didik yang pasif di kelas menjadi lebih aktif. Dengan
pemanfaatan yang optimal, efektif, dan bijak, facebook akan mampu menjadi media
pembelajaran yang kompetitif dan menarik.
A. PENDAHULUAN
Pada era informasi seperti sekarang ini, kita
mengetahui bahwa teknologi berkembang sangat pesat. Pesatnya perkembangan
teknologi tidak bisa dipungkiri telah memanjakan manusia contohnya dalam hal
berkomunikasi. Interaksi yang terjadi dengan adanya bantuan teknologi menjadi
semakin mudah dan sangat membantu. Teknologi yang dimaksud adalah situs jejaring
sosial. Situs jejaring sosial hadir menjadi sesuatu yang digemari oleh banyak
kalangan. Seiring perkembangan zaman pemanfaatan jejaring sosial tidak lagi
hanya sekedar menjadi media berkomunikasi semata, tetapi juga sebagai bagian
tak terpisahkan dari dunia bisnis, industri dan bahkan dalam dunia pendidikan.
Banyak sekali situs-situs jejaring sosial yang mempengaruhi masyarakat. Salah
satunya adalah situs Facebook . Facebook merupakan salah satu contoh
situs jejaring sosial yang paling digemari oleh hampir seluruh lapisan
masyarakat begitu juga dengan pelajar. Facebook sebenarnya dapat menjadi sebuah
alternatif yang dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Hal ini terkait dengan
upaya meningkatkan semangat belajar pada siswa menuju hasil belajar yang
maksimal. Sistem konvensional yang selama ini diterapkan sudah mulai membuat
siswa bosan. Sayangnya, banyak pendidik yang belum peka terhadap manfaat
Facebook sebagai media pembelajaran. Padahal, Facebook yang sangat diminati
para siswa ini selain lebih menarik, tentu saja lebih mudah digunakan karena
tidak hanya bisa diakses di kelas saat pelajaran berlangsung, tetapi bisa dari
mana saja bahkan melalui ponsel pribadi. Salah satu fasilitas yang dapat
digunakan adalah fitur group dalam Facebook. Pengelolaan fitur tersebut dengan
baik dapat menjadi sebuah hal menarik dan lebih berguna bagi para siswa dalam
penggunaan situs jejaring sosial. Siswa dapat berdiskusi mengenai tugas, materi
pelajaran dan sharing dengan
teman bahkan guru mata pelajaran tertentu. Pemanfaatan situs jejaring sosial
yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa ini diharapkan
dapat menghasilkan pengaruh yang signifikan. Hal ini bertujuan agar siswa tidak
hanya membuang waktu dengan berdiskusi tentang hal lain di luar dunia
pendidikan, tapi bisa lebih memanfaatkan situs jejaring sosial tersebut untuk
berdiskusi tentang apapun dalam mata pelajaran tertentu. Selain itu, guru juga
lebih mudah memantau perkembangan anak didiknya melalu situs jejaring sosial tersebut.
Dalam artikel ini penulis membahas tentang
pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran. Artikel ini
bermaksud untuk melakukan kombinasi antara proses belajar mengajar dengan
pemanfaatan Facebook sebagai media pembelajaran.
B. MENGENAL
FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
1. Pengertian
Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan
alat bantu proses
belajar mengajar yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perasaan,
dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar
pada diri peserta didik.
2. Pengertian
Facebook
Facebook merupakan situs web jejaring
sosial popular yang memungkinkan para penggunanya dapat menambah foto, kontak,
atau informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk
melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Facebook didirikan
oleh Mark Zuckerberg bersama sesama mahasiswa ilmu komputer sekaligus teman
sekamarnya Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz serta Chris Hughes. Facebook
diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Facebook, Inc.
3. Facebook
Sebagai Media Pembelajaran
Facebook telah dikenal dan digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Penggunanya tersebar di seluruh dunia dari
berbagai kalangan usia yang fungsi utamanya untuk membangun sebuah komunitas
atau kelompok. Banyak manfaat dari facebook tersebut, salah satunya adalah
manfaat di bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan facebook dapat
digunakakan sebagai media pembelajaran. Salah satunya yaitu ketika pendidik
tidak dapat menyampaikan materi secara langsung, maka materi tersebut dapat
disampaikan melalui facebook dengan memanfaatkan fasilitas grup
yang juga dapat digunakan untuk sarana diskusi antara pendidik dengan
peserta didik dan antara peserta didik dengan peserta didik lain.
C. PEMANFAATAN
FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
1. Cara
Membuat Grup di Facebook
Dalam hal ini, penulis menggunakan facebook
sebagai pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas facebook itu sendirin, yaitu
berupa fasilitas grup di facebook.
Adapun cara membuat grup di facebook, yaitu :
a.
Pastikan anda sudah memiliki akun di facebook.
b.
Jika belum memiliki akun di facebook, mendaftarlah
dengan mengisi data di situs facebook.
c.
Klik icon "Buat Grup"
d.
Setelah
itu akan muncul jendela baru, tulislah nama grup yang diinginkan, nama-nama
orang yang ingin ada undang ke dalam grup tersebut (minimal 1 orang harus anda
undang terlebih dahulu) dan pilih privasi yang ingin digunakan.
e.
Lalu
pilih “Buat” dan grup itu sudah bisa anda pergunakan.
1. Cara
Memanfaatkan Grup di Facebook
Adapun cara untuk memanfaatkan grup di
facebook yang telah anda buat, yaitu :
·
Buatlah
tampilan grup menjadi menarik dan kenali fungsi icon-icon pada grup facebook
sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik.
·
Menggunakan
fasilitas upload file di grup
Dengan menggunakan fasilitas ini kita dapat mengupload file – file yang
dianggap penting seperti materi pembelajaran, tugas, dll. Sehingga siswa lebih
mudah mencari sumber materi dan mengetahui tugas atau soal-soal latihan.
·
Postinglah
video pembelajaran atau simulasi ataupun games mengenai pelajaran sehingga
siswa lebih tertarik untuk membuka grup dan belajar.
· Doronglah
murid-murid untuk bertanya mengenai PR sekolah. Bantu mereka dengan mengadakan
diskusi di dinding grup atau chat grup. Identitas dan rasa memiliki sangat
penting dalam proses belajar.
·
Memanfaatkan
fasilitas chat dan video call
Dengan menngunakan fasilitas tersebut kita dapat berinteraksi (mengirim
pesan, file atau video call) secara langsung dengan teman ataupun guru.
· Pastikan
group yang Anda buat tertutup, sehingga orang harus me-request dulu sebelum
bergabung di group tersebut. Dengan langkah ini, Anda bisa memilih dengan bijak
siapa-siapa saja yang boleh bergabung.
·
Postingan
yang Anda buat sebaiknya bernilai positif.
· Bergabunglah
dengan grup-grup lain yang terkait dengan sekolah. Hal ini bisa membuat Anda
mengetahui apa yang diposting oleh para guru dan murid.
· Gunakan
layanan status untuk menginformasikan para murid tentang kebijakan di sekolah
atau jadwal ulangan atau nilai ulangan.
1. Kelebihan
dan Kelemahan
·
Kelebihan facebook
sebagai media pembelajaran, yaitu :
a. Potensial karena facebook merupakan situs ke-2 setelah Google, yang
tersering dan terbanyak digunakan di dunia.
b. Ekonomis karena pendaftaran membuat
akun gratis dan mudah.
c. Interaktif karena situs facebook memungkinkan kita untuk melakukan diskusi dan
tanya jawab.
d. Mengatasi
jarak dan waktu
e. Situs
facebook memungkinkan kita untuk
berbgi file, foto dan video
f. Reviewable karena dapat diakses
berulang-ulang
·
Kelemahan facebook sebagai
media pembelajaran, yaitu :
a. Ketersediaan
sarana dan prasarana
Harus di dukung oleh
perangkat sarana dan prasarana penunjang kelancaran proses belajar mengajar
melalui faceebook, seperti ketersediaan alat teknologi bagi guru dan siswa.
Walaupun tidak setiap siswa memiliki alat teknologi yang dimaksud, dapat saja
anak tersebut melihat dan berbagi informasi dengan temannya yang memiliki akun
tersebut
b. Kadang
tugas terbengkalai
Terkadang tugas terbengkali karena lebih sibuk
berselancar atau chatting dengan teman di facebook. Walaupun demikian dengan
memberikan
batasan waktu pengumpulan tugas sehingga meminimlisir
kesibukan siswa untuk chatting dengan teman di facebook.
A. SIMPULAN
Dari penjelasan di atas apat disimpulkan bahwa facebook cukup efektif dan efisien untuk
digunakan sebagai media pembelajaran ketika dosen tidak bisa hadir mengisi
pertemuan. Langkah ini diambil karena facebook sangat
mudah digunakan bahkan hampir setiap orang sudah mendaftarkan diri sebagai
anggota facebook sehingga
proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cukup lancar sehingga facebook
merupakan media yang sangat potensial
digunakan sebagai media pembelajaran Dengan pemanfaatan yang optimal, efektif,
dan bijak, facebook akan mampu menjadi media pembelajaran yang kompetitif dan
menarik.
B. SARAN
Dengan dapat dimanfaatkannya facebook sebagai salah satu media
pembelajaran maka khususnya memanfaatkan fasilitas grup di fcebook. Dalam
pemanfaatannya harus kita gunakan dengan seoptimal mungkin. Perlu diingat bahwa
dalam setiap pemanfaatan teknologi apapun,
kita harus memanfaatkannya secara efektif dan bijak serta tidak
merugikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
C. DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar